14 Jun 2012

Indonesia bahagia karena bersyukur ?

Author: gamma.kosala | Filed under: Etika Profesi dan Bisnis

Bismillahirrahirrahmanirrahiim

Bahagia itu relative.

Memang benar pepatah tersebut. Bahagia itu berbeda bagi setiap orang. Bisa dikatakan apabila dalam kondisi tertentu orang bahagia bukan jaminan dengan kondisi tersebut orang lain juga bahagia. Sebagai contoh, jelas berbeda bahagianya antara seorang yang tinggal di daerah gurun dengan seorang yang tinggal di daerah kutub ketika diberikan pendingin ruangan. Jauh lebih bahagia orang yang di daerah tropis , hal ini dikarenakan apa yang diberikan memang dibutuhkan olehnya.

Lalu apa yang membuat seseorang bahagia ?

Pada dasarnya bahagia itu diciptakan oleh kita sendiri. Dalam kondisi apapun kita dapat bahagia. Sering kita tidak bahagia karena apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi kenapa tidak mencoba bersyukur dan menikmati apa yang telah diberikan oleh-Nya ?.

Yaa, bersyukur dan ikhlas merupkan kunci kebahagian itu sendiri. Tidak peduli apa yang terjadi pada kita, apabila kita bersyukur maka semuanya menjadi indah. Setidaknya kita bersyukur sudah diberikan usia hingga saat ini.

Lalu apa hubungannya dengan tingkat kebhagian negara – negara yang direlease oleh sebuah organisasi ( lihat www.happyplanetindex.org) ? Mereka mengeluarkan tingkat kebahagian yang berada pada sebuah Negara dan mereka membuat peringkat tingkat kebahagian negara – negara di dunia. Perlu diketahui tingkat kebahagian di Indonesia jauh diatas tingkat kebahagian negara – negara maju seperti Amerika. Kenapa bisa seperti itu ? padahal jelas Amerika merupakan negara maju yang mempunyai teknologi yang sangat maju.

Indicator kebahagian suatu Negara tidak semata – mata diukur dari kemajuan teknologinya. Bolehlah Amerika mempunyai teknologi yang amat canggih, tapi apakah mereka mempunyai kondisi lingkungan yang nyaman ?. polusi udara di Amerika cukup tinggi, mungkin ini juga akan mengganggu kebahagian disana. Selain itu faktor tekanan kerja juga berpengaruh terhadap kebahagian masyarakat suatu negara. Setiap hari mereka selalu dikejar deadline kerja, itu jelas membuat mereka hidup dibawah tekanan. Berbeda dengn masyarakat Indonesia yang mampu memanfaatkan waktu sejenak untuk menikmati karunia yang diberikan-Nya.

Kembali pada point inti kebahagian, diluar semua indikator kebahagian sebuah negara yang ditetapkan oleh organisasi tersebut. Saya berpikir mungkin Indonesia mempunyai tingkat kebahagian tinggi karena masyarakatnya menerima kondisi yang ada. Mereka mampu bersyukur dengan apa yang ada di negeri ini.

Entah itu pujian atau sindiran ..

Yang jelas saya bangga menjadi BANGSA INDONESIA !!

Tetap bekerja, tetap bersyukur , dan tetap ikhlas ..

Leave a Reply