7 Mar 2012

Sadarkah kita itu bajakan ?

Author: gamma.kosala | Filed under: Etika Profesi dan Bisnis

Bismillahirrahmanirrahiim.

Pada masa – masa modern seperti sekarang kehidupan manusia tak lepas akan segala macam teknologi. Sebagai mahasiswa, tentu juga merasakan pentingnya teknologi untuk menunjang pembelajaran. Salah satu teknologi yang digunakan berupa software. Banyak software yang bisa digunakan oleh mahasiswa yang memudahkannya untuk memahami materi kuliah. Saya sendiri, sebagai mahasiswa Elektronika Instrumentasi (ELINS) menggunakan banyak software simulasi elektronik.

Kebanyakan software tersebut jika ditilik lebih jauh tidak ada lisensinya atau bisa dibilang bajakan. Tapi mungkin bagi kebanyakan mahasiswa tidak sadar akan hal tersebut. Bagi mereka yang penting adalah bagaimana menggunakan program tersebut dan memperoleh kemudahnnya. Toh mereka mendapatkan software tersebut dari senior mereka yang sampai sekarang tidak mengalami dampak negative dari pemakaian software tersebut. Dengan cara dan pemikiran seperti itu tak diragukan lagi banyak mahasiswa yang tidak sadar akan ke-ilegal-an software mereka.

Apa yang harus kita lakukan ?
Beberapa software yang kita gunakan memiliki copyright akan tetapi kita menggunakan yang tak berlisensi. Perlu diketahui jika terdapat juga software – software yang sifatnya open source, dimana program tersebut bebas digunakan serta diperbanyak. Itulah salah satu jalan keluarnya, kita bisa beralih dari software dengan copyright ke software yang bersifat open source. Bahkan beberapa dosen sudah menggalakan pemakaian software open source. Bila ditilik dari segi kemudahan pemakaiannya, software open source tak kalah jauh dengan software dengan copy right. Lalu menunggu apalagi untuk menimba ilmu dengan jalan yang halal ?

Leave a Reply