29 Feb 2012

Bersikap Profesional, Apapun dan Dimanapun Pekerjaan Anda.

Author: gamma.kosala | Filed under: Etika Profesi dan Bisnis

Bismillahhirrahmanirrahiim.
Tulisan ini terinspirasi oleh video “Toughest Place to be a Bin Man” yang mengambil setting di Indonesia. Pada video tersebut ditampilkan perbedaan kehidupan seorang tukang sampah di London dengan di Jakarta. Sangat terlihat perbedaan diantara mereka dari segi pekerjaan, alat kerja, serta kesejahteraannya. Wilbur, seorang tukang sampah di London memiliki peralatan yang canggih serta kehidupan yang sejahtera mencoba kehidupan tukang sampah di Indonesia sehingga bertemu Imam, seorang tukang sampah di Jakarta. Kehidupan sehari – hari Imam sangat berat dengan alat kerja yang sangat sederhana.
Pada video tersebut terlihat betapa kagetnya Wilbur dengan kondisi kerja sehari – hari Imam. Yang perlu digarisbawahi adalah kerja keras Imam walaupun kondisi kerja yang sangat berat. Bahkan kegigihan Imam dengan segala cobaannya membuat Wilbur terkesan hingga meneteskan air mata.
Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dalam video ini, yang membuat saya terkesan adalah ketika Wilbur bertanya mengapa Imam memilih menjadi tukang sampah, Imam menjawab dengan polosnya bahwa jika dia bisa dia tak akan memilih menjadi tukang sampah akan tetapi dia tetap bersyukur dan berusaha keras dan tak berputus asa. Inilah yang perlu kita contoh. Bayangkan seorang tukang sampah yang memiliki pekerjaan yang cukup berat dengan imbalan yang sangat minim mampu berkata seperti itu, padahal banyak diantara kita yang memiliki pekerjaaan yang lebih layak terus mengeluh dengan beban kerja mereka yang mungkin tidak seberapa dibanding dengan apa yang dilakukan Imam sehari – hari. Dimanakah rasa syukur kita ?
Mental seperti Imam inilah yang harus dimiliki oleh setiap insan, melakukan yang terbaik apapun pekerjaan kita dan terus bersyukur dengan apa yang kita dapatkan. Inilah yang mungkin dikatakan oleh orang – orang ”perkantoran” sebagai sikap profesionalisme. Bagi Imam dia tak perlu mengerti arti kata itu, yang jelas dia bekerja dengan hati walaupun pekerjaan dia saat ini sangat melelahkan. Bagaimana dengan kita yang mungkin sudah paham betul arti profesionalisme ? Apakah kita sudah menerapkannya ? Masihkah kita mengeluh dengan apa pekerjaan kita sekarang ?
Sekedar perenungn Kawan.
Sungguh dengan bersyukur maka kita akan merasakan nikmat yang lebih. insyaAllah.

Tags:

58 Responses to “Bersikap Profesional, Apapun dan Dimanapun Pekerjaan Anda.”

  1. Septika Prismasari Says:

    jadi penasaran sama videonya >.< ada di youtube gak gam? :B

Leave a Reply